Salman Al Farisi

Posted: 7 Oktober 2010 in Inspirasi, Pejuang Peradaban
Adalah Salman Al Farisi yang hidup di negeri Persia, ketika mendengar bahwa di Makkah ada seorang nabi bernama Muhammad yang membawa agama islam,langsung muncul hasrat untuk mengetahui tentang agama baru itu. Padahal waktu itu Nabi Muhammad saw hidup bagai orang asing di tengah tengah kaum yang mengingkari risalahnya, bahkan memerangi dan menyakitinya.Tetapi niat Salman. Ia bersegera menuju Makkah dan terus menyusuri jalan guna mencari tahu mengenai nabi baru itu.
Sesampainya di Makkah, ia menuju Baitul Haram untuk mencari penginapan hingga mendekatkannya mencpai tujuan. Sudah menjadi tradisi penduduk Makkah, karena kedermawanannya menjamu setiap tamu yang akan datang kerumahnya selama tiga hari. Ternyata kedatangan Salman ini di ketahui oleh Ali bin Abi thalib, yang langsung mendakwahinya sebelum di ambil orang lain. Hal ini karena Ali , sebagai seorang da’i sedang mencari pendukung  dakwah Muhammad saw.Dengan motivasi yang kuat dan kesadaran tentang pentingnya meraih hati yang baru, maka beliau segera memanfaatkan peluang ini agar tidak lepas dari gengggaman.
Selanjutnya, Salman tinggal di rumah Ali bin Abi Thalib. Di tengah tengah pelayanan yang di berikan Ali,Salman menangkap beberapa perilaku akhlaq dan muamalah yang aneh dan baru, Baragkali ini muncul dari sumber kenabian dan aliran agama baru. Lalu Ali bin Abi Thalib juga menangkap apa yang terlintas dalam benak Salman dan tanda tanda respon serta kemantapannya.
Mata telah melihat, hati berbicara, perasaan berkobar, maka terjalinlah keterbukaan, terus  terang, dan jabat tangan dilanjutkan dengan pernyataan keislmannya, yang kemudian hari menjadi sahabat yang menorehkan tinta emas sejarah.
Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s